About Me

Foto Saya
Amatullah bintu Yusuf
Just Amatullah (servant of ALLAH)
Lihat profil lengkapku

Minggu, 24 Juli 2011

Jalan Hidup



Setelah gelar sarjana diraih, wajah-wajah penuh keceriaan saat prosesi wisuda berganti menjadi kebingungan bagi sebagian sarjana-sarjana baru. Kebanyakan dari mereka bingung untuk melangkah, terlebih dengan terbatasnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Bagi sebagian mereka lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau berwirausaha. Bahkan tidak jarang menjadi sebuah dilema, ketika disatu sisi ingin membahagiakan orang tua dalam segi materi disisi lain ingin terus menuntut ilmu di sekolah formal namun terhimpit keterbatasan dana. Terlebih di tengah kondisi pendidikan Indonesia yang semakin carut marut dengan adanya liberalisasi di bidang pendidikan, menjadikan pendidikan semakin jauh dari harapan mereka yang memiliki keterbatasan dana. hal tersebut membuat mereka pasif dan tidak produktif, terlalu bingung menentukan pilihan. 

sebenarnya apapun pilihan kita yang terpenting adalah niatan yang iklas semata-mata untuk mencari ridho ALLAH SWT. Niatan tersebut insyaALLAH akan mengarahkan kita kepada jalan yang diridhoi Nya, lebih berhati-hati dalam segala tingkah laku kita.
Allah SWT berfirman: 

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلۡإِنسَـٰنُ إِنَّكَ كَادِحٌ إِلَىٰ رَبِّكَ كَدۡحً۬ا فَمُلَـٰقِيهِ
 Hai manusia sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhan mu (Al Inshiqoq :6)

Rasulullah SAW bersabda:

أتاني جبريل فقال: يا محمد عش ما شئت فإنك ميت، وأحبب ما شئت فإنك مفارق، واعمل ما شئت فإنك مجزي به. (رواه البيهقي عن جابر
Jibril telah datang kepadaku dan berkata: Hai Muhammad hiduplah sesukamu, tapi sesungguhnya engkau suatu saat pasti akan mati, cintailah apa yang engkau sukai tapi engkau suatua saat pasti berpdisah juga dan lakukanlah yang engkau inginkan sesungguhny semua itu ada balasannya.
(HR. Baihaqi dan Jabir)

Janganlah kesibukan dalam memilih jalan hidup justru melenakan kita. Sedikit berbuat karena lebih banyak menimbang. Teruslah memohon pertolonganNYA, smoga dteguhkan hati untuk senantisa di jalanNYA, karena dirikita begitu lemah. 

Allah SWT berfirman:

اقَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلْ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ
“dan (Hud) berkata, hai kaumku, mohonlah ampun kepada tuhanmu lalu bertaubatlah kepadakNya, niscaya di menurunkan hujan yang sangat deras atasmu dan dia akan menambahkan kekuatan dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa” (QS. 52)


wa allahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons